fbpx

Tips Renovasi Plafon Rumah Lebih Efektif dan Efisien

Tips Renovasi Plafon Rumah Lebih Efektif dan Efisien

Saat plafon rumah tampak noda atau bercak, mungkin terjadi kebocoran. Entah itu bocor disebabkan air hujan atau saluran pipa air. Saat rumah mengalami kebocoran, dampaknya akan terlihat pada plafon yang timbul noda atau jamur. Bahkan, jika dibiarkan saja plafon bisa jebol. Sudah saatnya anda melakukan renovasi plafon rumah.

Cara Renovasi Plafon Rumah Paling Efektif dan Efisien

Selain akibat kebocoran, biasanya plafon mengalami kerusakan karena sudah dimakan usia atau saat pengerjaan kurang tepat. Plafon merupakan salah satu bagian rumah yang sangat menunjang dari nilai estetika rumah. Model dan jenis list yang dipakai serta permainan pewarnaan cat dapat membuat ruangan menjadi mewah dan elegan.

Perpaduan lampu LED juga dapat menambah kesan mewah pada rumah. Selain itu juga lakukan drop celling, baik itu drop plafon atas maupun bawah.

Plafon merupakan bagian rumah yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Plafon yang terletak di langit-langit ini dapat mencegah dari cuaca panas, dingin maupun rembesan air hujan yang meresap melalui celah-celah genting. Meskipun demikian, plafon juga berfungsi sebagai dekorasi untuk memperindah ruangan.

Jika anda akan melakukan renovasi plafon pada rumah, pastikan anda melakukannya dengan efektif dan efisien. Sehingga pengeluaran tidak berlebih atau bisa lebih hemat. Lantas, tips-tips apa sajakah yang perlu dilakukan agar renovasi plafon rumah bisa efektif? Berikut kami sampaikan beberapa tipsnya.

Segera Renovasi Plafon Rumah Bila Terjadi Kerusakan

Masalah yang paling sering terjadi pada plafon adalah akibat kebocoran. Sehingga plafon akan bergelombang dan permukaannya berlumut. Jika permasalahan tersebut tidak cepat mendapat penanganan, maka bisa jadi kerusakan akan meluas. Bahkan bisa mempengaruhi bagian plafon lainnya.

Dengan demikian, sebaiknya anda segera mengatasi masalah yang terjadi dengan cepat bila sudah ada tanda-tanda kerusakan. Hal tersebut dapat menghemat pengeluaran biaya dan tenaga dalam proses renovasi.

Renovasi Sesuai Kerusakan

Jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk mengganti plafon secara keseluruhan apabila menemukan kerusakan. Terlebih dahulu periksalah kerusakan yang terjadi. Apabila tidak terlalu parah dapat anda atasi sendiri, tanpa perlu mengganti keseluruhan bidang plafon. Atau tanpa harus menggunakan jasa renovasi plafon rumah yang akan menambah biaya.

Misalnya saja, bila terdapat noda dari rembesan air, maka dapat dilakukan pemberian lapisan cat minyak sesuai jenis plafon. Tunggu sampai mengering kemudian gunakan cat yang sesuai dengan warna asli plafon. Untuk jenis plafon tertentu yang berlumut dapat dibersihkan dengan amplas supaya noda hilang. Kemudian beri cat minyak warna putih dan lapisi kembali dengan cat warna asli dari plafon.

Periksa dan Perbaiki Sumber Masalah Plafon

Periksa dulu yang menjadi penyebab plafon rusak sebelum anda melakukan renovasi atau perbaikan pada kerusakan plafon. Bila di atas plafon ada pipa air, maka periksalah sambungannya apakah ada indikasi pipa rusak atau bocor.

Selain itu, periksa juga kondisi atap dari atap rumah. Kemungkinan ada atap  bocor yang menyebabkan air hujan masuk atau merembes hingga menembus plafon. Biasanya kebocoran merupakan penyebab plafon rusak yang paling sering terjadi. Jika akar permasalahan diperbaiki, maka kerusakan kembali pada plafon dapat dicegah.

Jadi, sebelum anda melakukan renovasi plafon rumah, sebaiknya perhatikan tips-tips di atas. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan material plafon rumah. Material plafon juga mempengaruhi kekuatan dan keawetan. Selain itu, material yang dipakai untuk struktur bangunan juga berperan dalam ketahanan bangunan. Renovasi plafon yang tepat dan sesuai akan lebih efektif dan efisien.

Untuk konsultasi tentang perawatan rumah dapat menghubungi kami melalui
email yanceyenny@gmail
atau
081824244

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *