fbpx

ALASAN UNTUK MELAKUKAN RENOVASI

ALASAN UNTUK MELAKUKAN RENOVASI

Kenyamanan hidup akan dimulai dari rumah yang nyaman dan melakukan renovasi rumah menjadi hal yang penting untuk mewujudkannya. Mekakukan renovasi rumah dapat menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Akan tetapi, baik dari segi perencanaan maupun pengerjaannya, dapat menguras banyak pikiran. Untuk itu, sebelum  kalian merencanakan renovasi rumah, ada baiknya ketahui dulu beberapa kesalahan fatal yang sering terjadi berikut ini :

Renovasi rumah bukanlah hal yang sederhana karena membutuhkan banyak biaya. Terlebih bila renovasi rumah kurang direncanakan dengan baik, bisa jadi justru akan membuat biaya semakin membengkak dan hasil renovasi tak sesuai dengan yang diinginkan. Oleh sebab itu, sebelum merenovasi maka sebaiknya anda perlu membuat perencanaan sedetail mungkin dengan menganalisa kebutuhan, tujuan renovasi serta yang tak kalah penting ialah dengan menyesuaikan dengan anggaran yang anda miliki.

Agar perencanaan anda matang, maka terlebih dulu anda perlu menentukan apa tujuan dari renovasi yang tersebut. Seperti renovasi dengan tujuan perbaikan rumah dan tujuan menyangkut estetika. Renovasi rumah dengan tujuan perbaikan rumah misalnya seperti perbaikan struktur rumah yang sudah kurang kokoh, perbaikan saluran air, saluran listrik dan sebagainya. Atau juga berkaitan dengan atap rumah yang sudah mulai termakan usia, kamar mandi bocor, dinding rembes, dan lain sebagainya.

Disisi lain, renovasi menyangkut hal estetika bertujuan untuk menambah citra atau penampilan pada rumah. Renovasi dengan tujuan ini misalnya seperti penggantian cat dasar rumah yang lebih cerah, atau dengan nuansa yang berbeda. Atau bisa juga renovasi estetika dalam wujud perubahan beberapa bagian dari rumah. Tentunya biaya renovasi jenis ini cukup besar karena yang akan di rubah tak hanya perubahan jenis cat namun juga perubahan ruang-ruang, penambahan elemen dekorasi pintu, jendela, gerbang, genting dan sebagainya.

Seringkali melakukan renovasi membutuhkan biaya yang cukup banyak dibandingkan dengan membangun rumah dari nol. Hal tersebut diakibatkan kurang matangnya perencanaan atau bisa juga karena anda kurang melakukan prioritas terhadap bagian rumah mana yang akan direnovasi. Maka agar hal tersebut tidak terjadi pada anda, maka sebelum melakukan renovasi anda perlu berkonsultasi terlebih dulu pada konsultan pembangunan yang memahami seluk beluk tentang pembangunan. Agar biaya yang dikeluarkan sebanding dengan renovasi yang dihasilkan. Jika anda membutuhkan konsultan pembangunan, maka kami akan siap untuk membantu anda.

  1. Membeli Bahan Baku Murah

Demi terwujudnya hasil yang diinginkan, seringkali factor kualitas bahan yang diabaikan. Memilih bahan dengan harga murah untu merenovasi rumah memang tidak ada salahnya, akan tetapi apakah kalian sudah siap dengan resiko yang akan terjadi di kemudian harinya? dengan menggunakan bahan yang murah dan dari segi kualitasnya kurang, hasil yang diperoleh juga kurang memuaskan dan bisa jadi kalian harus melakukan renovasi ulang dalam waktu yang dekat.

Untuk menghemat pengeluaran, kalian bisa menggunakan bahan bangunan bekas dari renovasi yang sebelumnya dan sudah tidak terpakai namun masih bisa digunakan. Benda-benda seperti jendela, pintu dan genteng bisa digunakan ulang dengan memberikan sedikit sentuhan dengan mengecat ulang atau memolesnya dengan pelitur. Kalian dapat menghemat biaya dengan menggunakan sisa bahan-bahan bangunan seperti marmer bekas untuk mempercantik interior rumah. Jadi lebih hemat dan kreatif, bukan?

  • Membuat Perhitungan Yang Kurang Tepat

Kesalahan kedua ini mungkin dilakukan dalam renovasi rumah yaitu membuat sebuah perhitungan yang kurang tepat. Menurut Nancy Sorianio yang merupakan mantan editor in chief majalah Country Living bahwa perbedaan ukuran setengah ini atau bahan satu inci saja dapat membuat perubahan yang signifikan. Jika dimensi yang diukur tidak sama dan simetris, hasil yang diinginkan juga kan sulit didapatkan. Kalian harus mengulang lagi renovasi dan membuat pengeluaran tambah banyak. Jika kalian tidak yakin tentang bagaimana mengukur atau mengikuti petunjuk, jangan ragu untuk memanggil sesorang yang ahli dibidang tersebut.

  • Tidak Melakukan Persiapan Yang Matang

Seringkali, melakukan persiapan menjadi sebuah hal yang menjengkelkan. Sayangnya, hal seperti ini merupakan poin yang penting dari keseluruhan upaya saat renovasi rumah. Mulailah dengan memikirkan konsep yang kalian inginkan, perhitungkan biaya, pemilihan bahan yang sesuai dan hal-hal kecil yang mungkin akan terjadi. Jangan lupakan pilihan rencana cadangan jika terjadi hal yang tidak kalian inginkan. Siapkan segalanya sebaik mungkin, karena menurut seorang kontraktor Jim Collins, dengan cara ini kalian dapat menghemat biaya dan waktu.

  • Menggunakan Cat Yang Salah

Dalam menentukan warna dan jenis cat yang kalian gunakan, letak ruangan penting untuk dipertimbangkan. Kesalahan dalam memilih cat dapat membuat rumah kalian terlihat kusam. Yang lebih penting lagi, penggunaan warna juga dapat menghidupkan mood tertentu ketika kalian berada di ruangan itu.

Menggunakan warna yang selaras di seluruh bagian rumah kalian akan membuatnya terlihat lebih cantik. Akan tetapi bermain dengan beberapa warna yang beberbeda akan lebih menghidupkan rumah kalian dan tidak membosankan. Tidak harus selalu warna . pilihlah warna yang berbeda tapi tetap senada. Jangan lupa, jika kalian mengecat keseluruha rumah dengan beberapa warna, seimbangkan juga dengan warna yang netral seperti abu-abu atau putih. Jenis cat juga penting dan harus diperhatikan, sehingga kalian tidak perlu melakukan renovasi ulang dalam waktu dekat hanya karena masalah cat yang mudah terkelupas atau rusak.

  • Menggunakan Tukang Atau Kontraktor Yang Salah

Setelah memilih bahan yang berkualitas, proses pengerjaan juga menjadi salah satu hal yang penting. Proses ini mungkin tidak kalian lakukan sendiri, maka dari itu memilih tukang atau kontraktor yang tepat yaitu sebuah keharusan. Pastikan kalian menggunakan jasa dengan reputasi yang telah dipercaya rekam jejaknya dan komunikasi dengan kalian juga baik. Tidak ada salahnya untuk melakukan survei terlebih dulu, lalu setelah itu pertimbangkan dan jangan lupa juga mempertimbangkan masalah harga.

Itu dia 5  Kesalahan Fatal Saat Renovasi Rumah Yang Sering Terjadi. Belajarlah dari pengalaman dan pilihlah yang terbaik untuk rumah kalian. Semoga bermanfaat..

Sumber artikel www.perawatanrumah.com

Untuk konsultasi tentang perawatan rumah dapat menghubungi kami melalui
email yanceyenny@gmail
atau
0818242445

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *